Sebelumnya, mari kita renungkan beberapa pemikiran tentang energi dan bagaimana caranya meningkatkan energi ke tingkatan puncak. Semakin tinggi tingkatan energi itu, semakin efesienlah tubuh kita. Semakin efesien tubuh kita, semakin baiklah kita rasakan dan semakin kita menggunakan talenta kita untuk menghasilkan hasil-hasil yang luar biasa.

Berdasarkan hasil pengamatan terhadap orang-orang yang menghasilkan hasil-hasil yang luar biasa dalam tubuh mereka dan penuh semangat dan sehat, maka ditemukan prinsip pola hidup sehat.

Ada 6 (enam) kunci menuju fisiologi yang berkuasa yang tak terkalahkan yang merupakan pola hidup sehat yang dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai preforma tinggi, yaitu:

1. Pola hidup sehat pertama adalah  cara bernapas yang sehat

Landasan kesehatan adalah aliran darah yang sehat, sistem yang mentransprtasikan oksigen dan makanan ke semua sel tubuh kita. Kalau kita mempunyai sistem peredaran yang sehat, kita akan hidup sehat dan berumur panjang. Lingkungannya adalah aliran darah. Dan tombol pengendali bagi sistem ini adalah BERNAFAS. Itulah cara kita sepenuhnya mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh dan karenanya juga menstimulasikan proses listrik setiap sel tubuh kita.

Hasil telaah terhadap tubuh kita bekerja adalah bernapas bukan saja mengendalikan pemberian oksigen kepada sel-sel tubuh. Bernafas juga mengendalikan aliran cairan limfe, yang mengandung sel darah putih untuk melindungi tubuh. Sistem limfe identik dengan system pembuangan tubuh. Setiap sel dalam tubuh kita dikelilingi oleh limfe. Kita mempunyai cairan limfe 4 (empat) kali lebih banyak daripada darah. Cara kerja limfe adalah pertama-tama darah dipompakan dari jantung lewat pembuluh darah utama ke kapiler-kapiler yang tipis yang berpori. Darah membawa oksigen dan makanan ke kapiler-kapiler tersebut, dimana kemudian mereka digabungkan menjadi cairan yang mengelilingi sel-sel yang disebut limfe. Kemudian, sel-sel tubuh mempunyai intelegensi atau kesukaan terhadap apa yang mereka butuhkan, mengambil oksigen dan makanan yang diperlukan bagi kesehatan mereka, dan kemudian mengeluarkan racun, yang beberapa diantanya kembali ke kapiler. Tetapi sel-sel tubuh yang mati, protein darah, dan bahan beracun lainnya harus dibuang oleh system limfe. Dan sistem Limfe DIAKTIFKAN oleh PERNAPASAN YANG DALAM.

Sel-sel tubuh tergantung kepada system limfe sebagai satu-satunya cara untuk membuang bahan beracun yang besar dan kelebihan cairan, yang membatasi jumlah oksigen. Cairan ini berjalan lewat kelenjar limfe, dimana sel-sel tubuh yang mati dan semua racun lain selain protein darah dinetralisasikan dan dihancurkan. Sistem limfe sangat penting bagi kita, karena jika system limfe mati total atau tidak bekerja selama 24 jam, kita akan mati akibat protein-protein darah terperangkap dan kelebihan cairan di sekeliling sel-sel tubuh.

Aliran darah kita mempunyai sebuah pompa, yang berupa Jantung kita. Tetapi Sistem Limfe tidak mempunyai pompa. Satu-satunya cara limfe bergerak adalah lewat NAFAS YANG DALAM dan GERAKAN OTOT (OLAH RAGA).

Jadi kalau kita ingin mempunyai aliran darah yang sehat dengan system limfe dan kekebalan tubuh yang efektif, kita perlu BERNAFAS DALAM-DALAM dan menghasilkan GERAKAN-GERAKAN yang akan menstimulasikan mereka.

Berdasarkan hasil penelitian Dr. Jack Shields (seorang ahli limfe yang disegani dari Santa Barbara, California) terhadap system kekebalan tubuh dengan memasukkan kamera ke dalam tubuh manusia untuk melihat apa yang menstimulasikan pembersihan sistem limfe, ia menemukan ternayata PERNAFASAN DIAFRAGMA YANG MENDALAM itulah cara yang paling efektif, yang menciptakan sesuatu seperti vakum yang menyedot limfe lewat aliran darah dan melipatgandakan kecepatan darah membuang racun. Malah pernafasan mendalam dan olah raga bisa mempercepat proses ini sampai lima belas kali lipat. Itulah alasannya mengapa system kesehatan seperti YOGA demikian memfokuskan perhatiannya pada pernafasan sehat. Tidak ada yang seefektif itu untuk membersihkan tubuh kita.

Hanya dibutuhkan AKAL SEHAT   saja untuk menyadari bahwa dari semua unsur yang diperlukan bagi kesehatan yang baik, oksigen itulah yang terpenting. Ingatlah bahwa kualitas kesehatan kita sebetulnya adalah kualitas hidup sel-sel tubuh kita. Demikianlah sepenuhnya memberikan oksigen yang cukup kepada system kita, tampaknya merupakan prioritas nomor satu, dan BERNAFAS EFEKTIF jelas merupakan titik tolaknya.

Cara bernafas paling efektif untuk membersihkan sistem kita adalah hendaklah kita bernafas dengan rasio yaitu hirup 1 hitungan, tahan 4 hitungan, dan hembuskan 2 hitungan. Menghempuskan napas harus 2 kali lebih lama karena ketika kita menghembus napas kita sedang membuang racun lewat system limfe kita. Ditahan nafas 4 kali lebih lama karena dengan menahan nafas kita sepenuhnya mengedarkan oksigen ke dalam darah dan mengaktifkan system limfe kita.

Ketika kita bernafas, hendaknya mulai dari dalam perut kita, seperti penyedot debu yang membuang segala racun dalam system darah kita.

Jadi kunci pertama pola hidup sehat adalah ambilah 10 (sepuluh) NAFAS MENDALAM, dengan rasio yaitu hirup 1 hitungan, tahan 4 hitungan, dan hembuskan 2 hitungan,SETIDAKNYA 3 (TIGA) KALI SEHARI.

Dengan melakukan nafas seperti diatas, maka akan kita alami peningkatan yang dramatis dalam tingkatan kesehatan kita. Tidak ada makanan atau vitamin di dunia yang dapat member tubuh kita seperti yang diberikan oleh pola PERNAFASAN YANG EFEKTIF.

Komponen penting lainnya dari pernafasan keseluruhan yang sehat adalah latihan aerobic setiap hari dengan berlari, jalan, berenang dan main lompat tali trampoline. Dan luangkan waktu untuk berolah raga yang meningkatkan kehidupan kita.

2. Pola hidup sehat kedua adalah prinsip makan makanan yang kaya akan air

70 % planet bumi ditutupi air. 80% tubuh kita terdiri dari air.  Kita perlu memastikan agar 70 % makanan yang kita makan terdiri dari makanan yang kaya akan air.  Dan itu bararti kita sebaiknya mengkonsumsi makanan buah-buahan dan sayuran segar serta jus buah atau sayur. Kita sebaiknya makan makanan yang secara alami kaya akan air atau makanan-makanan yang mengandung air dan hanya ada 3 (tiga) jenis di dunia ini yaitu buah-buahan, sayur-sayuran, dan tunas. Ketiganya akan memberi kita banyak air, yang merupakan substansi pembersih yang memberikan kehidupan.

Pola makan kita handaknya secara konsisten membantu tubuh kita dengan proses pembersihan, daripada membebaninya dengan bahan makanan yang tidak dapat dicerna. Salah satu cara untuk sebisa mungkin membebaskan aliran darah dan tubuh dari sisa-sisa dan racun adalah membatasi diri dari makan makanan maupun bukan makanan yang menekan organ-organ pembuangan tubuh. Cara lainnya adalah dengan memberikan air yang cukup kepada sistem untuk membantunya membuang sisa-sisa tersebut.

Dr. Bryce menyatakan bahwa ”Tidak ada cairan yang dikenal ahli kimia, yang bisa melarutkan substansi padat sebanyak air, yang sungguh merupakan pelarut terbaik yang ada”. Oleh karenanya, kalau tubuh diberikan cukup air, keseluruhan proses nutrisinya distimulasikan karena efek produk-produk sisa beracun yang melumpuhkan itu disingkirkan dengan dilarutkan lalu dibuang oleh ginjal, kulit, perut atau paru-paru.

Kalau sebaliknya, bahan-bahan beracun itu dibiarkan menumpuk dalam tubuh, muncullah segala jenis penyakit.

Ingatlah, kualitas kehidupan kita tergantung kepada kualitas kehidupan sel-sel sel-sel kita.  Kalau aliran darah kita penuh dengan produk sisa, lingkungan yang dihasilkannya tidaklah mempromosikan kehidupan sel yang kuat, hidup, dan sehat atau pun biokimiawi yang mampu menciptakan kehidupan emosional yang seimbang bagi individu yang bersangkutan.

Kalau kita ingin merasa sepenuhnya hidup, akal sehat mengatakan kita sebaiknya makan makanan hidup, yang kaya akan air yaitu makan salad, buah-buahan dan sayur-sayuran

3. Pola hidup sehat ketiga adalah prinsip kombinasi makanan yang efektif 

Dokter bernama Steven Smit yang berumur 100 tahun lebih, ketika ditanya apa yang memungkinkan dia hidup selama ini, Dia menjawab, ”Peliharalah perut kita selama lima puluh tahun pertama, maka ia akan memelihara kita untuk lima puluh tahun yang berikutnya”.

Kombinasi makanan yang efektif sebetulnya sangat sederhana, yaitu ada makanan tertentu yang hendaknya tidak dimakan bersamaan dengan makanan lainnya, karena jenis makanan yang berbeda-beda menuntut jenis cairan pencernaan yang berbeda pula, dan tidak semua cairan pencernaan cocok.

Makan makanan dengan kombinasi makan daging dengan kentang, keju dengan roti, susu dengan sereal, ikan/daging dengan nasi merupakan kombinasi yang merusak dan kita bisa menghemat banyak sekali energi syaraf yang mungkin kita buang percuma, karena makanan yang berbeda-beda itu dicerna secara berbeda-beda. Makanan bertajin (nasi, roti, kentang dsb) menuntut media pencernaan alkalin, yang pada mulanya dipasok dalam mulut oleh enzim ptyalin. Makanan protein (daging, produk susu, kacang-kacangan, biji-bijian, dan yang serupa) menuntut media asam untuk pencernaannya yaitu hydrochloric acid dan pepsin.

Dan adalah hukum kimia bahwa 2 (dua) media yang bertolak-belakang (asam dan alkali) tidak bisa bekerja berbarengan, keduanya saling menetralkan satu sama lain. Kalau kita makan protein dengan tajin, pencernaan terganggu atau terhenti total. Makanan yang tidak dicerna menjadi lahan subur bagi bakteri, yang memfermentasikan dan membusukkannya, menimbulkan gangguan pencernaan dan gas. Kombinasi makanan yang tidak cocok merampas energi kita, dan apapun yang menghasilkan hilangnya energi berpotensi menghasilkan penyakit. Itu menciptakan asam yang berlebihan, yang membuat darah mengental sehingga lamban beredar ke seluruh sistem, merampas oksigen dari tubuh. Dan cara makan yang lebih masuk akal adalah Kombinasi makanan yang sehat.

Makanlah hanya 1 (satu) makanan yang dipadatkan (makanan yang tidak kaya akan air, seperti daging sapi) setiap kali makan.

Pastikanlah kita tidak makan Karbohidrat bertajin berbarengan dengan Protein, atau jangan makan daging berbarengan dengan kentang/nasi, atau makanlah daging waktu siang, dan nasi/kentang waktu sore/malam. Protein akan cocok dengan salad dan sayur-sayuran, karena salad dan sayur-sayuran kaya akan air, atau kentang dengan salad/sayur-sayuran. Makanan Protein dan Karbohidrat seharusnya tidak pernah dikombinasikan. Salad berdaun hijau bisa dimakan dengan protein apapun, karbohidrat, atau lemak. Lemak menghambat pencernaan protein. Kalau kita makan lemak dengan protein, makanlah salad sayuran campur, karena itu akan meniadakan efek yang menghambat pencernaan. Dan jangan pernah minum cairan bersamaan atau setelah makan.

Ketika makanan tidak cocok kombinasinya, waktu yang dibutuhkan untuk mencernanya bisa sampai 8, 10, 12, atau 14 jam, bahkan lebih. Ketika makanan cocok kombinasinya, tubuh akan dapat melaksanakan tugasnya dengan efektif, dan pencernaan berlangsung rata-rata 3 hingga 4 jam, sehingga kita tidak perlu membuang-buang energi untuk pencernaan. Setelah makan makanan yang baik kombinasinya, kita harus menunggu setidaknya 3 ½ jam sebelum mencerna makanan lainnya. Minum cairan di saat makan itu mengencerkan cairan pencernaan dan memperlambat proses pencernaannya.

  1. Pola hidup sehat keempat adalah HUKUM KONSUMSI TERKENDALI

Cara makan banyak adalah dengan cara makanlah sedikit. Dengan demikian, kita akan hidup cukup lama untuk makan banyak. Berbagai studi medis telah menunjukkan hal yang sama.

Dr. Ray Walford, seorang periset UCLA terkenal, menyimpulkan bahwa ”Nutrisi tidak berlebihan adalah sejauh ini satu-satunya metode yang kami kenal, yang secara konsisten menghambat proses penuaan dan memperpanjang usia maksimal hewan-hewan berdarah panas. Dan studi-studi ini jelas berlaku juga bagi manusia, sebab ini berlaku dalam setiap spesies yang kami pelajari sejauh ini”.

Studi-studi menunjukan bahwa kemerosotan fisiologi, termasuk kemerosotan normal pada sistem kekebalan tubuh, sangat tertunda berkat pembatasan makanan. Jadi pesannya sederhana dan jelas, yaitu makanlah lebih sedikit, hiduplah lebih lama. Kalau kita ingin makan banyak, pastikam saja makanan itu kaya akan air.

  1. Pola hidup sehat kelima adalah prinsip konsumsi buah-buahan yang efektif

Buah itulah makanan yang paling sempurna. Buah menuntut energi paling sedikit untuk dicerna dan memberi tubuh kita pengembalian terbesar. Satu-satunya makanan yang bisa dimanfaatkan OTAK KITA adalah GLUCOSE. Buah terutama FRUCTOSE (yang bisa dengan mudah diubah menjadi glucose) dan kebanyakan 90-95%nya air, dan buah itu membersihkan sekaligus memupuk. Cara memakan buah dengan memungkinkan tubuh secara efektif menggunakan gizinya adalah dengan selalu makan buah dengan PERUT KOSONG. Alasannya adalah karena buah itu bukanlah terutama dicerna dalamperut, buah dicerna dalam usus kecil. Buah dirancang untuk langsung masuk ke perut dalam beberapa menit dan ke dalam usus, dimana buah melepaskan gulanya. Tapi bila buah dikombinasikan dengan daging atau kentang atau nasi atau tajin dalam perut, buahnya terperangkap di perut dan mulai mengalami fermentasi.

Jenis buah terbaik adalah buah segar atau jus buah yang baru diperas. Dan Jangan minum jus langsung dari kaleng atau botolnya. Karena kebanyakan buah itu telah dipanaskan dalam proses penyegelannya dan strukturnya telah menjadi asam.

Dr. William Castillo, kepala studi tentang jantung yang terkenal di Framington, Massachustts mengatakan ”Buah itulah makanan terbaik yang bisa kita makan untuk melindungi diri terhadap penyakit jantung. Buah mengandung bioflavinoid yang menghalangi darah dari mengental dan menyumbat pembuluh arteri”. Buah juga menguatkan kapiler, dan kapiler yang lemah seringkali menuntun kepada pendarahan internal dan serangan jantung.

Yang kita butuhkan adalah sesuatu yang mudah dicerna, yang memberikan fructose yang bisa langsung digunakan tubuh, dan yang membantu membersihkan tubuh. Ketika bangun, dan selama mungkin hingga siang asalkan tahan, jangan makan apa-apa selain buah segar atau jus buah yang baru diperas. Jagalah komitmen ini hingga setidaknya pukul 12 siang setiap harinya. Semakin lama kita tahan hanya makan buah, semakin besarlah peluang tubuh kita untuk membersihkan dirinya. Kalau kita mulai secar bertahap menghentikan diri minum kopi dan sampah lain yang biasanya kita konsumsikan di awal hari kita, kita akan merasakan vitalitas dan energi baru yang takkan kita sangka.

  1. Pola hidup sehat keenam atau terakhir adalah  makan protein secukupnya

Tidak ada kebohongan yang lebih besar daripada pernyataan yang menyatalan bahwa manusia membutuhkan diit berprotein tinggi untuk memelihara kesehatan dan kesejahteraan yang optimal.

Dan protein yang berlebihan justru berrefek sebaliknya yaitu melemahkan daya tahan.

Dr. Mark Hegstead, mantan profesor gizi di Harvard Medical School, setelah 10 tahun mempelajari kebutuhan mencerna protein manusia, menegaskan fakta bahwa kebanyakan manusia tampaknya beradaptasi terhadap berapa banyak pun konsumsi protein yang tersedia bagi mereka. Frances Lappe, mengatakan bahwa orang tidak perlu mengkombinasikan protein mereka, bahwa kalau kita makan sayur2an yang seimbang, kita sudah akan mendapatkan segala protein yang kita butuhkan. National Academy of Science mengatakan bahwa pria dewasa membutuhkan 36 gram protein seharinya. Kebutuhan protein harian pria dewasa bervariasi dari 39 sd 110 gram per harinya.

About akangheriyana

Im fun. Im cool. Im Confident. Im Akang Heriyana..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s