100_0892

Tanggal 15 Juli 2000 merupakan hari bersejarah bagi Microsoft dan NBC. Hari itu mereka kawin. Perkawinan itu mereka rayakan dengan menggelar wawancara khusus antara anchorman NBC, Tom Brokow, dan Presiden Bill Clinton.Pendiri dan pemimpin Microsoft, Bill Gates, orang terkaya di dunia, memutuskan untuk menginvestasikan sebesar US$ 220 juta bagi MSNBC-Cable—program news-talk-information selama 24 jam di televisi, yang dapat ditonton melalui paket saluran kabel tertentu. Sementara itu, stasiun Televisi NBC yakin, aliasni strtegis 50:50 tersebut akan merupakan suatu pengga-bungan kekuatan untuk berkompetisi melawan CNN.
NBC News, walaupun peringkatnya masih di bawah ABC News, memiliki pengalaman panjang. Reporter mereka tersebar di seluruh dunia dan news-anchorman yangg terkenal. Maka, setelah tujuh bulan Gates dan Jack Welch mengumumkan ―pertunangan mereka, tepat pukul 06.00 Waktu Pasifik, pertengahan Juli lalu, mereka langsung mengudara.
Saat ini program kabel MSNBC sudah mencapai 22 juta pelanggan di Amerika. Ambisi mereka, berhasil mencapai 40 juta pelanggan di seluruh dunia pada tahun 2000. Bersamaan dengan itu, mengudara pula MSNBC-Internet. Program ini sudah bisa diklik di mana saja lewat http://www.msnbc.com. Pemirsa yang kurang puas dengan informasi yang didapat dari program kabel bisa melakukan ―penyelidikan lebih dalam di internet. Sesuai dengan kebutuhan tentunya.
Akhir bulan lalu, ketika diajak Jeff Borda dari General Electric Corporate International Division mengunjungi markas besar MSNBC d Fort Lee, New Jersey, Hermawan Kertajaya menyaksikan kecanggihan jaringan kerja mereka tersebut. Waktu itu beliau melihat daftar nama serta deskripsi lengkap penumpang ataupun awak pesawat TWA 800, yang meledak di angkasa Amerika. Hermawan Kertajaya juga melihat ―gambar hidup dari sebuah pesawat serupa di internet, dan juga bisa mendengar laporan terakhir dari reporter NBC tentang kejadian tersebut. Dengan demikian, proyek MSNBC memang bisa jadi saingan berat bagi CNN, yang sudah kondang lebih dulu.
Dunia informasi yang mulai dikuasai internet memang merupakan suatu kesempatan bisnis. Gates punya keyakinan bahwa Microsoft bukan cuma menjadi perusahaan software, melainkan harus pula bisa memanfaatkan ―jalan raya informasi tersebut secara maksimal. Lewat Internet Explorer versi 3.0, yang sudah diluncurkan Juli lalu, dan versi 4.0, yang akan dikeluarkan akhir tahun ini, Microsoft ingin menata semua file yang ada di situ menjadi ―dokumen. Beraliansi dengan NBC, Gates bisa memperkuat divisi berita dari The Microsoft Network (MSN), sebuah web-site yang hanya bisa diklik oleh pelanggan.
Aliansi ini bagi NBC jelas menguntungkan. Soalnya, ada kecenderungan orang sekarang, terutama kaum muda, mulai beralih dari televisi ke PC (personal computer). Apalagi, saat ini, di Amerika ada gerakan anti-TV karena orang merasa banyak membuang waktu kalau sampai bergantung pada kotak ajaib tersebut.
Dengan demikian, yang terjadi denga aliansi strategis ini sebenarnya bahwa kedua market leader di bidang masing-masing sedang melakukan repositioning. Bukankah Anda harus berhati-hati dalam menjawab pertanyaan: What business are you in, kalau tidak mau mati ditelan waktu.
Industri kereta api di Amerika pernah mengalami nasib malang ketika ―telat mendefini-sikan diri bahwa mereka sebenarnya berada di bisnis transportasi. Bukan bisnis kere-ta api. Dalam bisnis transportasi, saingan mereka bukan cuma kereta api lain, melainkan juga kapal terbang, mobil, feri, dan sebagainya. Gates dan Welch memang bukan manajer sebenarnya. They are the real business leaders. Mereka punya visi jauh ke depan. Mereka melihat lebih dulu dari orang lain. Mereka berani mengambil risiko dalam menentukan aturan main ―baru. Maka, terjadilah sebuah perkawinan yang melahirkan MSNBC.
Ada tiga hal bisa dipetik di sini:
Pertama, jangan termenung, apalagi heran bahkan kaget, setelah meihat ada orang lain berbuat sesuatu. Bertindaklah lebih dulu.
Kedua, definisikan bisnis Anda secara benar. Pergilah ke kebutuhan dasar manusia, dan lihat lingkungan bisnis yang mempengaruhinya.
Ketiga, jangan ragu melakukan aliansi strategis dengan orang lain yang sudah punya kompetisi inti pada suatu bidang. Bila perlu, dengan kompetitor, sekalipun membangun kompetisi sendiri seringkali bisa berakibat keterlambatan.

About akangheriyana

Im fun. Im cool. Im Confident. Im Akang Heriyana..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s